Minggu, 14 Agustus 2011

Sejarah Musik Indonesia

Musik telah dikenal sejak jaman nenek moyang kita musik telah dikenal. Musik juga sering digunakan untuk upacara – upacara adat tertentu.Beragam Jenis musik dimiliki Indonesia, karena dipengaruhi banyaknya suku adat di Indonesia.Indonesia memiliki terdiri dari  17.508 pulau yang memiliki budaya dan jenis musik sendiri. Inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan seni dan budaya, termasuk seni musik ini. Gamelan dan Keroncong merupakan Musik tradisional yang paling banyak digemari. Sedangkan musik pop dan dangdut adalah musik moderen yang paling populer . Musik  mempunyai kemapuan mendamaikan jiwa yang gundah, mempunyai terapi yang rekreatif dan munumbuhkan jiwa patriotisme menurut Aristoteles.

Jika menurut saya musik adalah suara yang berirama yang keluar dari alat-alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Terkadang  bebunyian benda – benda yang dimainkan oleh sekelompok orang itu juga bisa menghasilkan musik yang indah, contoh seperti kelompok – kelompok perkusi yang memainkan benda -benda yang bukan termasuk alat musik ( galon air, ember, botol, dll ).

SEJARAH MUSIK
ketika bangsa Portugis memasuki Indonesia saat itulah mereka membawa musik keroncong  masuk ke Indonesia. musik keroncong dianggap musik rendahan Pada awal tahun 1900. musik keroncong mulai banyak digemari setelah tahun 1930 an, saat itu musik keroncong mulai digabungkan  dalam film – film yang diproduksi oleh dunia perfilman. Ketika itu musik keroncong terhubung dengan perjuangan kemerdekaan. Bengawan Solo ciptaan Gesang Martohartono yang ditulis pada tahun 1940 itu menjadi lagu keroncong yang sangat populer saat itu. Lagu ini ditulis ketika Tentara Kekaisaran Jepang menguasai pulau Jawa pada Perang Dunia II. lagu tersebut tidak hanya  populer dikalangan orang Jawa saja,  lagu ini juga menjdai populer di kalangan tentara Jepang, lagu ini dibawa ke Negara asal nya dan ketika selesai perang mereka menyanyikannya di sana.  dengan lagu Bengawan Solo telah menjadi best seller oleh Banyak penyanyi Jepang.

Musik Dangdut, telah menjadi mejadi musik yang lebih modern dari Keroncong dan juga termasuk musik yang banyak digemari di negeri ini. Meskipun  sebagian orang menganggap dangdut tergolong musik rendahan/kampungan, namun  sampai sekarang tetap bertahan. Dangdut sudah populer sejak tahun 1970 an. dengan konsidi Di negara kita saat ini Musik Dangdut memang sangat cocok, musik dangdut seakan bisa menghilangkan beban yang ada jika kita mengikuti iramanya. musik dangdut memangsering didengarkan oleh kalangan rakyat menengah ke bawah.dan semakin populer ketika muncul gelar Raja Dangdut ( Rhoma Irama ) dan Ratu dangdut ( Elvi Sukaesih ).  ketika kita melintas dijalan – jalan perkampungan, perumahan bahkan di perkotaan, musik dangdut masih sering terdengar Sampai sekarang ini.

Sedangkan di indonesia perkembangan musik Pop juga tak kalah cepat. Hal ini karena banyak bermunculan band – band baru di Indonesia, dan juga semakin menambah semarak perkembangan musik di tanah air. Namun jika kita lihat sangat sedikit band – band yang mengusung musik daerah, apalagi dengan lagu bahasa daerah. Hampir tidak pernah kita temui. Namun begitu tetap juga ada sekelompok kecil yang tetap mempertahan kan musik daerah atau lagu dengan bahasa daerah, salah satunya adalah band dengan aliran Rock Funk de Java yang tetap mempertahankan lirik lagunya dengan bahasa daerah. 

Dengan demikian perkembangan musik di Indosnesia sangatlah pesat dari mulai musik tradisional sapai ke musik modern, namun semua musik baik yang tradisional maupun midern haruslah kita kembangkan, karena musik bisa menghiasi kehidupan kita. dan semoga para Musisi bisa membuat musik indonesia bisa lebih indah dan semakin kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar